Jenis bahan kaos

Jenis bahan kaos merupakan poin kedua dari 6 poin yang saya sajikan di artikel saya cara sablon kaos. Kenapa ini penting akan saya bahas selanjutnya, namun sebelumnya kita akan coba mengenal sedikit tentang macam-macam bahan kaos yang ada dipasaran saat ini,

  • Cotton combeed adalah bahan paling banyak dipakai di distro-distro, handfeelnya sangat lembut dan rata, rajutannya terkesan rapi sehingga sangat disukai. Nyaman dipakai dan tidak panas, tersedia dalam jenis 20s, 30s, dll.
  • Cotton cardeed biasa dipakai untuk seragam dan produk-produk kaos yang dijual diluar distro. Kain ini juga nyaman dipakai, hanya saja kesan rajutannya kasar dan tidak rata serta handfeelnya kurang. Tersedia dalam jenis 20s, 30s, dll.
  • CVC atau cotton viscose, adalah kain campuran antara cotton 55% dan viscose 45%, kain ini ditempat produksi kami permintaannya lebih tunggi dibandingkan cardeed meskipun harganya murah dan sedikit kurang nyaman kalau dipakai. Tetapi shringkage atau susut pola kain ini sangat rendah sehingga sangat diminati.
  • TC atau Teteron cotton, adalah campuran dari cotton 35% dan teteron 65% biasa dipakai untuk seragam olah raga sekolah-sekolah dll.
  • PE atau polyester, terbuat dari serat fiber polly dimana sesuai karakternya maka jenis kain ini tidak menyerap keringat dan kurang nyaman dipakai.
  • Hyget bahan kaos ini terkesan seperti bahan plastik yang sangat tipis dan biasa dibagi-bagikan untuk keperluan kampanye dll.

Setelah kita mengerti tentang bahan tadi maka kita bisa melanjutkan dengan membahas tentang jenis sablon atau pilihan bahan yang sesuai dengan karakter bahan tadi. Ada beberapa bahan yang sebetulnya bisa digunakan untuk sablon di semua jenis bahan kaos yang saya tuliskan diatas, tetapi kita perlu lebih jauh memperhitungkan tentang effisien dan effektifitas nya agar secara perhitungan dan harga masuk. Sebagai contoh anda mengerjakan sablon kaos dengan bahan PE apakah perlu menggunkan ruber dengan kualitas baik semacam Matsui atau Furukawa. Inilah hal penting pada poin kedua ini, pastikan anda menggunakan bahan sablon kaos yang sesuai untuk jenis bahan kaos yang aan dipakai.

Share
This entry was posted in Cara sablon kaos and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.